Beberapa Tips Dalam Memilih Template Blog

Beberapa Tips Dalam Memilih Template Blog - Template blog adalah suatu hal penting dan vital, kita sebagai seorang blogger haruslah cerdas dan cermat dalam memilih template yang akan digunakan blog kesayangan kita. Bisa-bisa kalau pemilihan template yang salah jatuh blog kurang bisa berkembang ataupun terlambat dalam berkembang. Perlu diingat bahwa template adalah suatu yang dilihat oleh pengunjung kita, jadi tampilan menarik, mudah dimengerti, mudah diakses wajib hukumnnya. Bukan hanya itu saja template blog pun bisa mempengaruhi ranking blog kita di penelusuran mesin pencari seperti google, nah lho jadi gak sembarang dalam memilih template blog. Berikut akan saya bagikan Beberapa Tips Dalam Memilih Template Blog.
Tampilan
Ini hal yang paling penting karena bisa mempengaruhi citra blog anda dimata pengunjung. Dalam mencari template tentunya ada melihat demo template blognya bukan ? disini kita sebagai mata pengunjung bisa menilai sendiri apakah template tersebut menarik tidak, buat nyaman pengunjung tidak, tatak letak dan navigasinya mudah dimengerti pengunjung tidak atau malah bikin bingung. Banyak template dengan tampilan menarik sekarang ini jadi jangan terburu-buru memilih suatu template jikalah hati anda belum benar-benar puas atau srek.

SEO Friendly
Kalau tampilan template blog tadi faktor humanity, sekarang faktor si robot. Ini tidak kalah pentingnya karena tanpa peran si robot maka blog kita tidak akan kedatangan pengunjung. Seperti yang diketahui untuk saat ini sumber pengunjung blog anda pasti berasal dari search engine seperti mbah google.

Template disini berhubungan dengan masalah SEO Onpage atau pengoptimalan mesin pencari (google) pada halaman tersebut sendiri (faktor internal) tentunya ini hubungannya dengan template blog yang kita gunakan.

Ada banyak faktor suatu template bisa dikatakan SEO Friendly:
  1. Meta tag
    Ada atau tidak meta tag dalam template tersebut, terus kelengkapan meta tagnya jangan hanya meta tag biasa tanpa mengikutkan open graph dan twitter card yang penting untuk menampilkan informasi ketika blog anda dishare di sosial media.
  2. Dinamic tag heading
    Pengunaan tag heading h1, h2, h3 sangatlah penting untuk SEO. Tag heading yang benar adalah untuk halaman utama h1 judul blog, h2 judul artikel, dan h3 judul widget sedangkan untuk halaman postingan dan laman dibalik h1 judul artikel dan h2 judul blog.
  3. Struktur template tersebut
    Apakah template yang anda gunakan sudah valid schema.org atau tidak ada error dalam alat pengujian data terstruktur dari google. Hal ini penting karena jika data tidak valid alat pengujian tersebut berarti ketika google mengindex blog atau artikel blog anda ada informasi yang tidak terbaca karena struktur template yang belum valid dengan alat pengujian data terstruktur google tadi. Alamat pengujian data terstruktur dari google: https://search.google.com/structured-data/testing-tool
  4. Breadcrumbs
    Ini bisa berguna bagi pengunjung maupun mesin pencari. Bagi pengunjung manfaatnya sebagai navigasi untuk mengetahui keberadaan artikel tersebut, sedangkan untuk mesin pencari menambah/memperkuat keyword artikel blog anda.
Mobile Friendly
Mobile friendly atau suatu tampilan template blog yang bersahabat dengan berbagai ukuran layar, tidak hanya enak dilihat dari layar komputer tetapi juga enak dilihat dari layar smartphone anda. Bisa dikatakan tampilannya responsif menyesuaikan ukuran layar device pengunjung. Hal ini tidak berpengaruh kepada kenyamanan pengunjung tetapi juga masalah SEO, karena google sudah melucurkan algoritma baru yang bernama mobilegeddon dimana blog dengan tampilan yang tidak mobile friendly siap-siap disingkirkan dari hasil penelusuran google.
Bisa anda cek mobile friendly atau tidak melalui tools dari google: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Kecepatan Akses Cepat
Kecepatan rata-rata internet indonesia yang lemot hal ini menjadikan alasan kenapa anda wajib menggunakan template blog yang memilih kecepatan akses yang cepat (fast loading) selain tidak membuat pengunjung jengkel, kan bisa aja kalau loading lama blog anda yang mau dikunjungi belum load semuanya diclose pindah ke blog orang lain. Loading blognya cepatkan pengunjungnya juga yang enak. Selain itu mesin pencari seperti google lebih mengutakan blog dengan kecepatan akses yang cepat, dari pada yang lambat tentunya.
Untuk mencek score dari kecepatan loading suatu blog bisa menggunakan: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Fitur
Anda harus tahu apa saja fitur yang disediakan template tersebut, setidaknya harus ada fitur-fitur yang umum seperti tombol share ke sosial media, artikel terkait, dll. Pilihlah template dengan fitur yang lengkap dan pas sesuai dengan apa yang kita perlukan, kebanyak fitur juga akan berdampak ke loading template tersebut. Misal ada fitur Syntax Highlighting untuk Pre, Code padahal template tersebut akan anda gunakan untuk blog tema kesehatan maka tidak cocok, fitur tersebut cocok untuk blog niche blog tutorial, web,dll yang berhubungan dengan coding.

Valid HTML5, CSS3, dan Support Blogger HTTPS (Opsional)
Banyak sekali argument para blogger tentang valid html5 dan css3 tidaklah penting, ini menurut saya salah besar. Karena dengan menggunakan template blog yang valid HTML5 dan CSS3 yang pasti blog anda secara tampilan akan bersahabat dengan berbagai browser. Tidak terjadi error atau kesalahan tampilan, jadi pengunjung mau buka blog anda pakai browser chrome kek, mozilla ke, opera kek, internet explorer kek, uc browser kek, baidu kek, ataupun edge gak ada masalah tampilan tetap oke. Dan secara struktur HTML5 jauh lebih mudah dimengerti baik dari segi manusia ataupun robot google.

HTTPS merupakan fitur baru dari blogger.com dimana blog kita yang masih asli menggunakan domain blogspot bisa mendapatkan https pada url blog, dimana https ini artinya aman/secured. Tetapi karena pengaruh penggunaan template yang salah yang mengakibatkan tercampurnya kontent non https dalam template (mixed content) akibatnya https pada blog tidak bisa berwarna hijau atau secured.

Template yang baik adalah template yang memuaskan hati anda setelah menggunakannya, memuaskan pengunjung yang melihatnya, dan meningkatkan pengunjung dari mesin pencari.
Sekian dari saya tentang Beberapa Tips Dalam Memilih Template Blog, terimakasih sudah mengunjungi blog saya, dan semoga bermanfaat.
Salam luar biasa
ads

0 Response to "Beberapa Tips Dalam Memilih Template Blog"

Post a Comment